Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Aplikasi Ringan Untuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082

10+ Aplikasi Ringan Untuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082


10+ Aplikasi Ringan Untuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 - Samsung Galaxy Grand Duos merupakan ponsel Android terbaik dimasa jayanya ( sekitar tahun 2013 ).

Dengan mengandalkan RAM 1 GB (termasuk paling tinggi waktu itu), hape ini sukses besar dipasar Smartphone tanah air, terbukti saya juga pernah menggunakannya.

Seiring berjalannya waktu serta dan semakin meningkatnya kebutuhan hardware aplikasi baru membuat pengguna hape ini harus pilih-pilih aplikasi jika tidak ingin Galaxy Grand Duos lemot.

Kabar baiknya, masih tersedia cukup banyak aplikasi yang dapat anda pasang pada ponsel Samsung GT-i9082 ini, dan postingan kali saya akan merekap 10+ aplikasi terbaik khusus untuk Galaxy Grand Duos.

1.    Facebook Lite dan Mesengger Lite

Semua orang suka facebook dan hampir semua pengguna smartphone menginstal aplikasi facebook. Jejaring social buatan Mark Zuckenberg ini memang telah menjadi kebutuhan semua orang.

Mau makan update status, mau kerja update status, lagi sakit apalagi bahagia update status. Tapi jika anda adalah pengguna Grand Duos, jangan coba-coba pasang aplikasi facebook standard.

Aplikasi Facebook dan Mesengger merupakan aplikasi paling rakus akan RAM. Bayangkan, kedua aplikasi tersebut dalam kondisi idle menghabiskan 300 MB lebih RAM.

Padahal RAM Grand Duos hanya 1 GB (dikurangi VGA 200 MB) sehingga tersisa 800 MB. Jika RAM yang digunakan untuk system adalah 400 MB, lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi lain sementara dengan dua aplikasi ini saja melahap sisa RAM yang ada.

Untuk itu, anda patut bersyukur dengan adanya Facebook dan Mesengger Lite.

Kedua aplikasi tersebut dapat menjadi solusi bagi anda yang tidak bisa lepas dari facebook tapi memiliki hape dengan keterbatasan RAM seperti Grand Duos.

Dengan ukuran file 1-5 MB dan konsumsi data serta RAM yang rendah, aplikasi ini dapat melakukan hampir semua hal seperti layaknya aplikasi Facebook standard.

2.    Lockit

Suka menyimpan file video dewasa di hape…?

Jika ia, sebaiknya anda segera install aplikasi Lockit.

Lockit adalah aplikasi yang dapat melindungi aplikasi dan file dari tangan jahil yang coba-coba iseng membuka hape anda tanpa izin.

Anda bisa mengunci aplikasi yang sifatnya private seperti SMS, aplikasi chating serta file-file pribadi seperti foto dan video.

Yang keren dari aplikasi lockit adalah : saat ada yang mencoba membuka aplikasi yang telah anda kunci, secara otomatis aplikasi ini akan memotret wajah orang tersebut jika salah mengisi PIN atau Password.

3.    Shareit

Sudah tidak jaman mengirim file menggunakan Bluetooth yang kecepatannya sebatas KB/PS.

Sekarang sudah zamannya transfer file via Wifi menggunakan aplikasi shareit yang dapat menghantar file dengan ukurang 1 GB dalam hitungan menit.

Tidak hanya mampu mengirim file antar sesame hape android, tapi aplikasi ini juga bisa digunakan mentransfer file dari Android ke PC atau perangkat iOS.

4.    Google Duo

Aplikasi Google Duo merupakan produk telekomunikasi teranyar google. Kita bisa melakukan panggilan suara maupun video secara gratis. Yang saya suka dari aplikasi ini adalah kualitas suara dan gambar paling baik dibandingkan aplikasi sejenis saat melakukan panggilan video.

5.    WhatsApp

Saya tidak akan menjelaskan apa-apa tentang aplikasi yang satu ini karena WhatsApp sudah menjadi kebutuhan seperti halnya facebook.

Cuma, saya tidak suka dengan fitur autodownload yang menyebabkan Kuota Internet Saya Cepat Habis. Untuk itu, bagi yang punya paket data ngepas, sebaiknya segera matikan fitur ini.

6.    Opera Mini

Mau internetan puas selama satu bulan hanya dengan paket data 1 GB tanpa takut hape anda lemot…?

Jika iya, segera install Opera Mini di Grand Duos anda. Perambaan Opera Mini memang dikenal memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengurangi penggunaan data berkat proses kompresi data yang dilakukan server opera.

Jadi pada saat anda membuka sebuah halaman web, sebelum ditampilkan di layar hape anda, halaman tersebut dikompres dulu oleh pihak opera.

Prosesnya tentu sangat cepat dan tentu membutuhkan teknologi yang canggih pula. Karena halaman web yang kita buka telah dikompres ukurannya, otomatis saat kita membukanya loading halaman jadi lebih cepat.

Selain itu, opera mini juga tidak memakan daya seganas perambaan lain sehingga cocok digunakan pada hape dengan kapasitas baterai kurang dari 3000 mAH. Sebagai informasi, Galaxy Grand Duos hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2100 mAH.

7.    Youtube Go

Suka streaming youtube tapi takut boros data internet…?

Google baru-baru ini telah merilis aplikasi Youtube alternative yang diberi nama Youtube Go. Aplikasi ini merupakan aplikasi youtube lite.

Kita bisa menonton atau mendownload video sesuai dengan kebutuhan kita karena aplikasi ini memberi 3 pilihan kualitas video, yakni : Rendah, Standard dan Tinggi.

Agar tidak tertipu dengan semakin banyaknya video abal-abal yang saat ini semakin merajalela dimana seringkali kita temukan video dengan  judul dan gambar Thumbnail yang heboh tapi tidak sesuai dengan isinya.

Youtube Go akan menampilkan cuplikan dari video dalam bentuk slide, sehingga kita bisa tahu garis besar dari video tersebut serta dapat memutuskan apakah akab lanjutkan menonton atau tidak.

8.    Google Primer

Apakah anda memiliki Bisnis Online atau sedang merencanakan untuk membuka usaha…?
Jika iya…

Aplikasi Google primer wajib anda install…!

Karena didalam aplikasi ini, anda akan belajar banyak hal terkait perencanaan dan pengembangan usaha. Materi yang diberikan langsung dari Google yang kita tahu lini bisnisnya sudah menggurita dimana-mana.

Tidak hanya itu, CEO brand terkemuka juga turut member andil dengan memberikan tips-tips pengembangan usaha yang tidak akan kita dapatkan dari situs belajar bisnis online manapun.

Yang saya suka dari aplikasi ini, kita seolah terlibat langsung didalamnya sehingga terjadi komunikasi dua arah. Pada saat membuka materinya, kita akan diminta :

•    Membuat Perencanaan Usaha
•    Mendefinisikan Usaha Anda Secara Jelas
•    Menentukan Customer Anda Seperti Apa
•    Menemukan Gaya Komunikasi Terbaik Anda
•    Metode Pemasaran Ideal
•    Menemukan Cara Beriklan Di Media Social Yang Tepat Sasaran
•    dll.

9.    Babe

Butuh informasi yang actual dan terpercaya…?

Aplikasi BaBe jawabannya…!

BaBe adalah singkatan dari Bace Berita. Berita yang didapat berasal dari situs-situs berita ternama seperti Kompas, Merdeka, Viva dll.

Bebeda dengan aplikasi berita lain, BaBe mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi aplikasi berita terbaik seperti :
  1. Free Ads. Anda tidak akan menemukan iklan yang akan mengganggu kenyamanan anda dalam membaca berita.
  2. No Hoax. Anda tidak akan menemukan berita HOAX yang hanya meresahkan masyarakat karena artikel yang ditampilkan berasal dari sumber terpercaya.
  3. Full Customization. Anda bisa menyesuaikan tampilan aplikasi BaBe sesuai keinginan anda dengan fitur yang telah disediakan.
  4. Kategori Lengkap. Mulai dari Politik, Olah Raga, Gosip, Otomotif, Kesehatan semua ada di BaBe.
  5. Membayar. Jika anda Hoby dan berbakat menulis, anda bisa berkontribusi menjadi penulis BaBe dan akan dibayar berdasarkan jumlah view artikel anda.

10.    Bukalapak

Suka belanja online, tapi takut kena tipu…?

Tidak usah khwatir, sekarang belanja di Bukalapak sudah aman karena system pembayarannya menggunakan Rekening Bersama.

Jadi, selama anda belum melakukan konfirmasi telah menerima barang yang dipesan, si penjual tidak akan menerima pembayaran yang telah anda bayarkan karena ditahan oleh pihak Bukalapak.

Apabila batas waktu telah habis tapi anda belum juga menerima barang pesanan anda, uang anda 100% akan dikembalikan.

Yang keren dari aplikasi bukalapak adalah ada fitur NEGO.

Kita bisa menawar semua barang yang ada di Bukalapak. Menawarnya hanya bisa sampai 3 kali. Potongan yang bisa didapat juga lumayan.

Yuk download bukalapak sekarang…!

11.    AloDokter

Punya masalah dengan kesehatan tapi malas pergi kedokter…?

AloDokter solusinya. Dengan menu TANYA dari aplikasi AloDokter anda dapat berkonsultasi dengan dokter pilihan anda yang sesuai dengan keluhan atau penyakit yang anda derita.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, anda harus login sebagai member menggunakan alamat email atau facebook.

Menu lain dari AloDokter adalah menu DOKTER. Pada menu ini anda dapat melihat profil dokter yang bisa anda jadikan tempat konsultasi. Dokter yang ada di AloDokter bukan robot pembalas pesan atau dokter abal-abal melainkan dokter betulan yang memiliki keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Jadi tidak perlu meragukan informasi yang didapat dari berkonsultasi via AloDokter.

Yupz…itulah aplikasi terbaik untuk Hp Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 untuk saat ini, kedepannya akan saya update lagi dengan aplikasi terbaru yang saya rasa pas untuk dipasang di Grand Duos.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close